Saturday, October 13, 2012

Mencegah Dan Memperbaiki Knalpot Bocor

Tenaga mobil Anda loyo meski tidak ada bagian dari mesin yang bermasalah? Cobalah menengok knalpot, barangkali ada kebocoran di pipa saluran gas buang hasil pembakaran tersebut. Knalpot yang bocor tak cuma menyebabkan tenaga loyo, tetapi juga memicu boros bahan bakar. Pasalnya, mobil perlu tenaga ekstra untuk melaju, dan tambahan tenaga berarti juga membutuhkan asupan bahan bakar. Oleh karena itu, pemilik mobil agar melakukan perawatan knalpot, mengenali gejala-gejala peranti itu bocor dan cara mengatasinya.

Cara untuk mengetahui knalpot bocor cukup mudah. Aktifkan mesin dan kemudian biarkan selama tiga menit, setelah itu dengarkan apakah suara mesin lebih keras dari biasanya? Bila ya, maka ada kemungkinan bagian dari knalpot bocor. Cara lainnya, dapat langsung melihat ke bagian knalpot. Bila ada asap yang keluar dari bagian lain selain dari lubang pipa berarti ada kebocoran.

Pencegahan dan Perbaikan

Untuk mencegah terjadinya kebocoran knalpot adalah jangan terlalu sering melakukan idling (stasioner) mesin dan sangat disarankan untuk menjaga kebersihan bagian kolong mobil. Mencuci mobil setiap selesai digunakan adalah cara yang paling baik.

Adapun untuk mengatasi atau perbaikan knalpot yang bocor adalah dengan mengelas bagian yang bocor. Namun itu dengan catatan, kebocoran masih kecil atau belum parah. Sebaliknya bila telah parah, sebaiknya diganti.

Sumber : sunstarmotor.com

1 comment:

  1. artikel yang agan tulis sangat bermanfaat untuk kami, kunjungi juga websit kami mengenai seputar otomotif di
    otomotif plus

    ReplyDelete