Friday, October 12, 2012

7 Tips Mudik Ala Pak Polisi

Lebaran sebentar lagi, sudah saatnya Anda yang ingin mudik menyiapkan dulu kendaraan Anda biar tetap prima selama di jalanan.Divisi Humas Mabes Polri memberikan beberapa tips bagi Anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan roda 4.
  1. Pastikan untuk cek kembali kondisi oli, air radiator, busi, serta aki mesin. Hal ini untuk menjaga performa mobil anda serta menghindari mogok atau overheat dalam perjalanan. Atau jika ingin yang terbaik, service mobil anda untuk mendapatkan dan memastikan kondisi mobil anda prima, juga spooring dan balancing
  2. Periksa kembali tekanan ban, dan pastikan bahwa kondisi ban mobil anda masih layak untuk digunakan. Ingat, jangan sepelekan kondisi ban, karena suhu, cuaca, serta medan jalan yang akan anda lewati tidak selalu mulus.
  3. Periksa kondisi lampu. Termasuk lampu sign dan hazard.
  4. Jangan lupa membawa ban serep serta peralatan lainnya, seperti dongkrak dan peralatan lainnya untuk berjaga-jaga seandainya ada permasalah pada mobil anda dalam perjalanan.
  5. Jangan membawa barang dengan bobot yang melebihi daya tampung kendaraan anda.
  6. Pastikan kondisi pengemudi dalam keadaan fit, dan akan lebih baik jika ada pengemudi pengganti ketika rasa lelah atau kantuk menyerang anda. Kalaupun hanya ada satu pengemudi carilah rest area atau tempat yang rasanya aman untuk beristirahat sejenak seperti minum kopi atau tidur.
  7. Jangan lupa dan pastikan kembali surat-surat kelengkapan kendaraan anda sudah dibawa.
Sumber : sunstarmotor.com (oto.detik.com)

No comments:

Post a Comment