Friday, October 12, 2012

Lulus Uji Emisi

Kami sajikan beberapa tips yang akan memudahkan kendaraan Anda untuk lulus uji emisi, terutama bagi mobil yang sudah berusia 10 tahun:
  1. Lakukan tune-up kendaraan secara teratur. Kendaraan yang selalu dirawat dengan baik di bengkel resmi cenderung memiliki pembakaran yang lebih sempurna.
  2. Pastikan sistem pengapian dalam keadaan baik. Tak ada salahnya memastikan kondisi kabel busi, busi, platina (jika ada) serta koil. Tanpa pengapian baik, emisi pun meningkat.
  3. Pastikan saringan udara bersih. Seringkali penyebab tidak lulus uji emisi hanya karena saringan udara kurang bersih. Untuk membersihkannya, semprotkan udara menggunakan kompresor dari arah dalam. Bila sudah usang, segera ganti baru.
  4. Gunakan bensin sesuai rekomendasi pabrikan. Menggunakan bensin beroktan terlalu rendah pada mesin modern akan menyebabkan waktu pengapian dimundurkan otomatis. Pembakaran pun menjadi tidak sempurna.
  5. Panaskan mesin terlebih dahulu sebelum melakukan uji emisi. Jangan lakukan uji emisi saat mesin dingin, karena emisinya berlipat ganda dibanding ketika mesin sudah mencapai suhu kerjanya.
  6. Pastikan tidak ada kebocoran. Lihatlah knalpot maupun saluran masuknya bahan bakar, sedikit kebocoran akan mempengaruhi kadar emisi gas buang.
Sumber : sunstarmotor.com (diambil dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment